Djarum Superliga Badminton Indonesia 2011 Berhadiah Total Rp 1,35 Miliar Kembali Digelar

Bulutangkis.com - Pertama kali digelar tahun 2007, kini kembali untuk yang kedua kali liga badminton Indonesia bertitel Djarum Superliga Badminton Indonesia 2011 berhadiah total Rp. 1,35 Miliar akan digelar di DBL Arena, Surabaya pada 20-26 Pebruari 2011.

Sebanyak tujuh tim putra (Djarum Kudus, Jaya Raya Jakarta, Jaya Raya Suryanaga Surabaya, Musica Champion Kudus, Mutiara Bandung, SGS PLN Bandung dan Tangkas Alfamart Jakarta) dan enam tim putri (Djarum Kudus, Jaya Raya Jakarta, Jaya Raya Suryanaga Surabaya, Mutiara Bandung, SGS PLN Bandung dan Tangkas Alfamart Jakarta) diundang untuk mengikuti turnamen bergengsi ini.

‘’Klub-klub yang diundang adalah klub-klub yang meraih hasil terbaik pada liga tahun 2007,’’ ungkap Direktur Badan Superliga, Yoppy Rosimin dalam jumpa pers yang berlangsung di Jakarta kemarin (10/02/11). ‘’Tadinya ada delapan klub yang akan diundang, akan tetapi dengan pertimbangan kualitas makan hanya tujuh klub yang diundang,’’ tambah Yoppy.

Sementara Yacob Rusdianto, Sekjen PB. PBSI pada kesempatan yang sama mengungkapkan bahwa kedepannya diharapkan liga bulutangkis bisa berjalan teratur seperti halnya liga sepakbola. ‘’Jika penonton liga bulutangkis bisa hanya sepersepuluh liga sepakbola maka ini akan mampu memakmurkan atlit-atlit, dan semakin banyak sponsor-sponsor yang berminat,’’ jelas Yacob.

Lebih jauh Yacob mengungkapkan ide penyelenggaraan liga bulutangkis pada tahun 2007 dengan melihat bulutangkis sebagai olah raga kedua terpopuler setelah sepakbola masih kalah dengan bolabasket yang telah memiliki liga sehingga ide untuk menyelenggarakan liga bulutangkis tercetus untuk mempopulerkan kembali olahraga bulutangkis di Indonesia. Dan kini juga China telah menyelenggarakan liga bulutangkis dan Korea Selatan juga akan menyelenggarakan liga bulutangkis.

‘’Liga bulutangkis diselenggarakan dua tahun sekali pada tahun ganjil dan pada bulan pebruari,’’ jelas Yoppy Rosimin. Pemilihan waktu penyelenggaraan ini dengan pertimbangan pada waktu tersebut kosongnya kegiataan bulutangkis nasional maupun internasional demikian lebih jauh Ypooy menambahkan.

‘’Namun tidak tertutup kemingkinan untuk mengubahnya untuk mencari bentuk yang ideal. Kita masih menerima masukan-masukan dari klub,’’ jelas Yacob. Ditambahkan Yacob, bahwa kedepan akan dibuat adanya divisi-divisi sesuai kualitas klub dan kalau mungkin menerapkan pertandingan home away.

Sejumlah pemain asing akan berpartisipasi pada Djarum Superliga Badminton Indonesia 2011 di Surabaya. Hingga saat ini tercatat beberapa nama yang sudah menyatakan kesediaannya, diantaranya tunggal putra Vietnam, Nguyen Tien Minh dan tunggal putri Hongkong Yip Pui Yin akan memperkuat klub Tangkas Alfamart Jakarta. Pasangan ganda Singapura, Hendri Kurniawan Saputra/ Chayut Triyachart akan bermain di SGS PLN Bandung. Ganda puteri Singapura Yao Lei/ Shinta Mulia Sari akan memperkuat Jaya Raya Suryanaga Surabaya. Pebulutangkis putra Malaysia, Hafizh Hashim dan Wong Choong Han akan bermain di Musica Champion Kudus. Pebulutangkis putri Taipei, Cheng Shao Chieh akan memperkuat PB Mutiara Bandung.

‘’Kehadiran pemain-pemain asing bukan berarti pemain-pemain nasional kurang berkualitas. Kehadiran mereka tentunya akan meramaikan superliga,’’ ungkap Yoppy.

Beberapa klub masih menunggu konfirmasi dari pemain asing yang akan berpartisipasi. Konfirmasi akhir pada tanggal 15 Pebruari,’’ jelas Yoppy.

Lebih jauh Yoppy menyampaikan bahwa pemain asing dibatasi lima orang untuk dua partai pertandingan. Drawing akan dilaksanakan pada tanggal 17 Pebruari di Jakarta, dan mengacu pada peringkat BWF pada tanggal tersebut.

Format kejuaraan akan mengikuti system pertandingan ajang Thomas Cup untuk putra dan Uber Cup untuk putri. Tiga nomor tunggal dan dua nomor ganda. Pertandingan menggunakan sistem setengah kompetisi, semua klub akan saling berhadapan. Peringkat satu dan dua akan bertemu pada partai grand final. Peringkat tiga dan empat akan memperebutkan juara tiga.

Pada Djarum Superliga pertama yang digelar tahun 2007 di Jakarta, klub Suryanaga Surabaya keluar sebagai juara di kelompok putra dengan menaklukkan klub Jaya Raya Jakarta 3-2 di partai final. Sedangkan klub Tangkas Alfamart Jakarta keluar sebagai juara di kelompok putri dengan menaklukkan klub Jaya Raya Jakarta 3-2 di partai final.

PT Djarum sebagai sebagai sponsor utama akan memberikan dukungan kepada klub-klub peserta superliga berupa subsidi akomodasi sebesar Rp. 30 juta, transportasi dari Hotel – GOR – Airport, 2 (dua) unit kenderaan minibus per-team, 1 (satu) unit mobil box untuk antar jemput ke bandara, setiap team yang ikut akan mendapatkan uang tampil sebesar Rp. 35 juta, subisidi pemain asiang sebesar USD 1,500 dan klub akan mendapatkan hak tayang live di TV (hanya partai final) sesuai dengan kebijakan sponsorship.

Total hadiah sebesar Rp 1, 35 miliar akan diberikan kepada kelopmpok putra dengan total hadiah sebesar Rp 750 juta dan kelompok putri dengan total hadiah sebesar Rp. 600 juta.

Hadiah-hadiah akan diberikan kepada juara 1, 2, 3 dan 4. Pada kelompok putra, Juara 1 akan memperoleh medali emas, piala tetap dan uang sejumlah Rp. 350 juta, Juara 2, akan memperoleh medali perak, piala tetap dan uang sejumlah Rp.200 juta, Juara 3 akan memperoleh medali perunggu, piala tetap dan uang sejumlah Rp. 125 juta dan Juara 4, akan memperoleh uang sejumlah Rp.75 juta.

Sedangkan juara-juara pada kelompok putri sebagai berikut, Juara 1 akan memperoleh medali emas, piala tetap dan uang sejumlah Rp. 275 juta, Juara 2, akan memperoleh medali perak, piala tetap dan uang sejumlah Rp.150 juta, Juara 3 akan memperoleh medali perunggu, piala tetap dan uang sejumlah Rp. 100 juta dan Juara 4, akan memperoleh uang sejumlah Rp.75 juta.

0 komentar:

Posting Komentar