Tujuh Klub Ikut Super Liga

Jakarta, Kompas - Sebanyak tujuh klub dipastikan tampil meramaikan Super Liga Bulu Tangkis yang akan digelar di Surabaya pada 19-27 Februari 2011. Ketujuh klub tersebut akan saling bertemu satu sama lain, dengan format pertandingan setengah kompetisi.
”Ketujuh klub yang tampil ini adalah yang terbaik di Indonesia saat ini. Klub yang kami undang berdasarkan hasil liga yang pernah digelar pada tahun 2007 lalu,” kata Direktur Liga Yoppy Rosimin di Jakarta, Senin (7/2).
Ketujuh klub tersebut tidak lain adalah Djarum Kudus, Jaya Raya Jakarta, Tangkas Alfamart Jakarta, Jayaraya Suryanaga Surabaya, SGS Elektrik Bandung, Mutiara Bandung, dan Musica Champions Kudus.
Selain putra, kecuali Musica Champions, keenam klub lainnya juga menampilkan tim putri. Super Liga ini akan memakai format Piala Thomas dan Uber. Setiap tim akan menurunkan tiga pemain tunggal dan dua pasangan ganda.
Seperti liga tahun 2007, tiap- tiap klub diperbolehkan memainkan pemain asing, dengan kuota maksimal dua pemain asing pada setiap laga.
Sejauh ini, menurut Yoppy, klub yang sudah mengonfirmasi pemain asingnya baru Suryanaga. Mereka diperkuat pemain asing asal Singapura, Yao Lei dan Shinta Mulia, pemain ganda putri berperingkat ke-10 dunia. Suryanaga juga dikabarkan mengincar Park Sung-hwan dan Lee Yong-dae (Korea Selatan).
Negosiasi
Yoppy yang juga Ketua Umum PB Djarum mengaku, klubnya masih negosiasi dengan beberapa pemain. Menurut informasi yang dihimpun Kompas, pemain yang diincar Djarum adalah pemain Thailand, Boonsak Ponsana, dan pemain Korea Selatan, Park Sung-hwan.
Untuk pemain lokal, PB Djarum memakai dua pemain pelatnas Cipayung, Dionysius Hayom Rumbaka dan Maria Febe Kusumastuti. Selain mereka, PB Djarum juga mengandalkan pemain klub Andre Kurniawan Tedjono, yang kini di urutan ke-47 dunia. Sementara Musica Champions Kudus juga dikabarkan sedang mendekati pebulu tangkis Malaysia, Roslin Hashim dan Wong Choong Han.
”Semua klub diberi batas waktu untuk mendaftarkan pemainnya hingga 10 Februari. Saat itulah akan kami ketahui semua pemain asing yang tampil pada Super Liga di Surabaya mendatang,” kata Yoppy Rosimin. Total hadiah Super Liga Bulu Tangkis kali ini adalah Rp 1,3 miliar. (OTW)

0 komentar:

Posting Komentar