Empat Klub Berpeluang Besar Juara

SEMARANG, Kompas.com - Direktur Liga Bulu Tangkis, Yoppy Rosimin, mengatakan, empat klub berpeluang merebut gelar juara pada Superliga Bulu Tangkis di Surabaya, Jata Timur, 19-27 Febuari 2011.
"Saya lihat mereka menggebu-gebu merekrut pemain asing dan menarik pebulu tangkis lokal yang memiliki prestasi internasional," kata Yoppy ketika dihubungi dari Semarang, Senin (14/2/11).
Ia menyebutkan, keempat klub tersebut adalah Tangkas Alfamart Jakarta, SGS Bandung, Jayaraya Suryanaga Surabaya, dan Djarum Kudus. Tetapi, katanya, tidak menutup kemungkinan PB Musica Champions Kudus juga jadi juara.
Tangkas Alfamart Jakarta, katanya, merekrut pebulu tangkis Hongkong, Yip Pui Yin, dan Nguyen Thien Minh (Vietnam) untuk tunggal, sedangkan untuk ganda mereka juga merekrut ganda Singapura, Hendri Kurniawan Saputra/Yeo Zhao Jiang (Singapura).
Demikian juga SGS Bandung, yang menarik Tommy Sugiarto dan Alamsyah Yunus, selain diperkuat tunggal putra terbaik Indonesia, Taufik Hidayat.
Jayaraya Suryanaga Surabaya, juga merekrut pebulu tangkis manca negara yaitu Yao Jie (China), Hu Yun dan Chan Yan Kit (Hongkong). Untuk ganda, mereka merekrut peringkat 10 dunia asal Singapura, Shinta Mulia/Yao Lei.
"Saya kira Jayaraya Suryanaga merekrut pemain tersebut merupakan sesuatu yang wajar karena mereka bertekad meraih gelar kelompok putra maupun putri, apalagi mereka bertindak sebagai tuan rumah," katanya.
Pada Superliga Bulu Tangkis 2007, tim putri Suryanaga yang saat itu diperkuat dua pemain asing yakni Petya Nedelcheva (Bulgaria) dan Wang Lili (China), hanya mampu bertahan hingga babak semifinal. Tim putra Suryanaga sukses merebut gelar juara saat diperkuat Chen Hong (China), Ng Wei (Hongkong) dan Sony Dwi Kuncoro.
Ketika ditanya upaya merekrut pebulu tangkis ganda putri China, Gao Ling, Yoppy yang juga Ketua PB Djarum Kudus itu mengatakan, klubnya masih berharap peraih medali emas Olimpiade 2000 dan 2004 tersebut bisa membela tim putri.
"Kami sudah memberikan penawaran tertinggi kepada pebulu tangkis China tersebut, sekarang ini tinggal menunggu jawaban pemain yang bersangkutan," katanya.
Menurut dia, kalau Senin (14/2) mereka memberikan jawaban untuk bergabung maka tim putri Djarum Kudus bakal diperkuat pemain manca negara. Begitu pula sebaliknya, mengingat penyerahan daftar pemain paling lambat pada Selasa (15/2).
Kalau putra, katanya, memang sudah tidak mungkin diperkuat pemain asing karena pemain yang diincar seperti Peter Hoeg Gade (Denmark), Boonsak Ponsana (Thailand), dan Park Sung Hwan (Korea) gagal direkrut, sehingga hanya mengandalkan pebulu tangkis lokal. Klub tetangganya, Musica Champions Kudus, diperkuat pebulu tangkis Malaysia, Wong Choong Han dan juara All England 2003, Muhammad Hafiz Hashim.
Superliga Bulu Tangkis di Surabaya mendatang bakal diikuti tujuh klub yaitu Jayaraya Jakarta, Tangkas Alfamart Jakarta, SGS Elektrik Bandung, Mutiara Bandung, Djarum Kudus, Musica Champions Kudus, dan Jayaraya Suryanaga Surabaya.
Klub Musica Champions Kudus yang dipimpin juara dunia 1994, Heryanto Arbi tersebut hanya turun pada kelompok putra, sedangkan enam klub lainnya turun baik kelompok putra maupun putri.

0 komentar:

Posting Komentar